Pantai Muarareja

Pantai Muarareja merupakan wisata pantai yang dapat menjadi alternatif bagi warga, disamping PAI. Pantai Muarareja berada di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat. 
Tempat ini belum menjadi daerah tujuan wisata yang dikelola secara serius, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat setempat. Namun demikian sudah banyak pengunjung yang plesir ke pantai

Muarareja. Biasanya mereka yang berkunjung adalah wisatawan domestik yang ingin menikmati pemandangan pantai atau memancing karena lokasi pantai Muarareja berada di sisi Sungai Muaratua.

Pemandangan kampung nelayan, menjadi eksotisme tersendiri saat menuju Pantai Muarareja. Sepanjang perjalanan, banyak terlihat penduduk tengah menjemur ikan-ikan asin bak menjemur pakaian di halaman rumahnya masing-masing. Udang rebon yang kecil dan imut-imut pun berserakan disepanjang jalan, berjemur, sebagai bahan untuk membuat terasi.


Setelah melewati area perkampungan dan tambak, sampailah di tempat tujuan : Pantai Muarareja. Sepanjang mata memandang akan terlihat areal tambak, sementara akses jalan sempit dengan tanaman bakau yang lebat di kiri dan kanan jalan sangat indah untuk diabadikan melalui kamera foto, terutama bagi wisatawan yang senang fotografi. 

Pantai Muarareja memang belum menjadi daerah tujuan wisata pantai yang komersil dan dikelola dengan baik. Namun begitu cukup banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Ada yang memancing, berenang, atau sekedar duduk-duduk menikmati pantai. Bagi penyuka fotografi, banyak obyek yang bisa diabadikan.


Kawasan Pantai Muarareja lumayan panjang. Disana sini terlihat batu-batu yang disusun rapi menjorok ke laut membentuk konstruksi dalam bahasa teknik kelautan disebut groin. Groin-groin ini memiliki fungsi ganda. Selain sebagai struktur pengaman pantai untuk mencegah perubahan garis pantai akibat abrasi, para pengunjung juga dapat memanfaatkan groin ini sebagai anjungan untuk melihat-lihat ke tengah laut atau memancing. 


Di pintu masuk pantai, dipisahkan oleh sebuah pagar dan muara sungai yang cukup besar, terlihat kawasan Pelabuhan Lama Kota Tegal. Transaksi bongkar ikan memang tak begitu ramai, karena kapal yang merapat disini termasuk kapal kecil. Namun ikan yang dibongkar adalah ikan-ikan segar, dan wisatawan bisa juga memborong ikan segar di sini.

Bila senja tiba, pantai Muarareja mulai menampakkan keelokannya. Semburat warna - warni matahari yang akan tengelam mulai menghiasi cakrawala dengan cantik. Momen ini paling ditunggu-tunggu dan layak untuk diabadikan kamera.(*)