Kupat Glabed Masakan Khas Kota Tegal

Makanan/masakan khas Tegal sangat beragam terutama makanan pokoknya,dan pada umumnya masyarakat kota Tegal ” ora eman-eman ( tidak hitung – hitungan ) kalau masalah perut yang bahasa Tegal lokalnya ” mlastar “.Jenis masakan yang ada selain ponggol setan , soto dan sate tegal ada juga yang namanya ” Kupat glabed ” sejenis masakan yang berkuah, yang kuah bumbu kuningnya jare wong Tegal“ngglabed/ luged nemen ” artinya santannya sangat kental .

Makanan ini terdiri dari : ketupat / lontong yang diiris tipis kemudian disiram dengan kuah santan yang di biasanya di campur dengan irisan tempe kecil-kecil , mie telor sedikit ,yang dimasak dengan santan sampai mengental. Agar lebih sedap lagi taburi dengan bawang goreng dan disantap dengan sate kerang atau sate ayam akan lebih ” maknyus “ di kasih sambal sesuai selera,apalagi waktu menyantapnya masih dalam keadaan panas/ hangat.

Masakan khas tegal ini harganya tidak terlalu menguras kantong, dan lagi lebih asyik makan-nya bersama keluarga tercinta di lesehan dan sambil moci ( minuman khas tegal).Masakan khas tegal ini sangat terkenal di kota tegal dan para penikmat makanan ini dari masyarakat kalangan bawah sampai kalangan atas .

Bagi masyarakat pecinta kuliner yang kebetulan lewat di kota Tegal dan sekitarnya jangan lupa mampir, dan mencoba makan kupat glabed .masakan wong tegal ini rasanya nikmat di jamin halal ,dan pasti ketagihan.TB/agus pray