Kuliner Tegal: Kupat Blengong, Sauto Tegal, Hingga Kerupuk Antor


Tegal,Tegalbahari.com-Kabupaten di utara Jawa Tengah ini memiliki santapan yang sangat beragam, mulai dari jajanan seperti Tahu Aci, sampai yang mantap untuk jadi sarapan, Kupat Bongkok.

NOTE: Sebaiknya sebelum lanjut baca artikel ini, ubah pengaturan bahasa lo dulu: Tegal ? ON Menu Warteg vs Menu Tegal “Oi, Warteg sama Tegal apa bedanyee?!!” Heuheuheu, oh iya gak ada bedanya yah, maksud gue menu makanan yang ada di Warteg kalau dibandingin sama menu makanan yang ada di daerah asal warung itu (baca: Tegal). Lo pasti tau kan menu makanan yang ada di warteg? APAA?! Lo gak tau?! Aduuh, 2011 nih coi, masa menu warteg aja gak tau sih Jadii, menu
warteg yang ada di daerah lo biasanya cuma menyajikan beberapa panganan khas Tegal, beda sama warteg yang ada di sini lhoo (gue nulis “sini” karena posisi gue lagi di Tegal). Warteg yang ada di sini menyajikan lebih banyak menu khas Tegal—sekitar 40%—dibandingkan sama warteg yang ada di daerah lain. Pastinya. Intinya, panganan yang ada di warteg daerah lo gak 100% menampilkan menu asli Tegal coi, beberapa menu khas Tegal bakal gue jelaskan di bagian selanjutnya. Tegal, Surga Kuliner di Tengah Jawa Mendoan, Sega Lengko, Tahu Aci, Rujak Teplak, Gemblong Kocar-Kacir, Sauto Tegal, Kemronyos, Kupat Glabed, Kupat Bongkok, Kupat + Sate Blengong, Martabak Lebaksiu, Nasi Ponggol Setan, Krupuk Antor, sampe PILUS. WOW! :9 There is a looott of makanan khas Tegal, but gue gak bakal jelasin semuanya di sini yah—karena banyak banget dan gue belum nyobain satu-satu—tapi gue bakal jelasin beberapa yang paling maknyus dan recommended. So, check the next section! B-) Kupat Blengong blengong Kuliner Tegal: Kupat Blengong, Sauto Tegal, hingga Kerupuk Antor Makanan yang satu ini paling cocok dimakan pas lagi nyantai, bareng-bareng temen, dan di tempat sepoi. Blengong adalah hewan hasil perkawinan silang antara Bebek dan Entok, Blengong memiliki tekstur daging yang empuk dan juga gurih seperti Bebek, namun Blengong memiliki daging yang lebih tebal. Kupat Blengong juga biasa disebut dengan Sate Blengong. Ya, Kupat Blengong ini recommended banget buat lo yang mau santai di tengah tempat yang sepoi, pas banget sama daerah pusat Kupat Blengong, Tegal Sari. Tepatnya di daerah persawahan yang namanya sawahpari. 2011 09 02 17.27.00 Kuliner Tegal: Kupat Blengong, Sauto Tegal, hingga Kerupuk Antor Untuk mencapai pusat Kupat Blengong gue saranin menggunakan pit (sepeda) atau sepeda motor, kenapa? Karena lo bakal nyesel kalau naik mobil ke sini, lo gak bakal dapet suasana asri pedesaan yang bisa menambah maknyus Kupat Blengong yang bakal lo santap. Heuheuheu… *seriously!* blengong small Kuliner Tegal: Kupat Blengong, Sauto Tegal, hingga Kerupuk AntorKomposisi panganan ini tidak jauh berbeda dari kupat lainnya, yang membedakan dari segi tampilan, rasa, tekstur kuah dan penyajian yang mantap abis, kalau orang Tegal bilangnya “lewih ngglabed”. Kupat ini bisa di pesan dalam dua versi, pedas dan tidak (pedas = Kupat Blengong Original Flavor. Recommended)

Penulis adalah :

Guntur Akhmad Fauzi